Bagaimana Kita Menyikapi Perkembangan Teknologi dan Informasi

Perkembagan Teknologi dan Informasi
Image result for kemajuan teknologi dan informasi dan cara menyikapinya


Perkembangan teknologi seiring perubahan zaman. Semakin lama semakin maju juga teknologi di dunia khususnya di Indonesia. Arus globalisasi yang sangat cepat dapat dilihat dari perbedaan segi budaya, ekonomi, lingkungan, sosial, dan terutama perkembangan dibidang teknologi dan komunikasi. Perbedaan nya terlihat sangat jauh dari zaman dulu hingga sekarang. Tanpa kita sadari kita sudah berada di zaman yang serba modern. Tugas kita sekarang ini yaitu menggunakan kecanggihan teknologi secara bijak dan tepat.

Cara kita untuk menyikapi dan berperilaku terhadap perkembangan dunia perkembangan dunia informasi harus secara bijak. Banyak dampak yang akan kita rasakan. Dari dampak positif maupun negatif, sehingga kita harus pintar mengatur diri dalam menyikapinya.  

                                                                                                                                                                A. Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi ini adalah:
1. Memperdekat antara jarak dan waktu, seperti saat kita akan menempuh jarak dari satu pulau ke  pulau yang lain yang seharusnya dilakukan berhari-hari. Sekarang dengan adanya teknologi transportasi jarak tersebut dapat ditempuh hanya dengan waktu 2-3 jam saja.
2. Mempermudah mendapatkan informasi, dengan adanya layanan internet sekarang kita bisa lebih cepat mendapatkan informasi ataupun berita.
3. Lebih Memudahkan pekerjaan, jika dulu pekerjaan mencuci baju dilakukan dengan tangan sekarang kita bisa menggunakan mesin dan tanpa perlu kelelahan.

B. Dampak negatifnya dari perkembangan dibidang teknologi yaitu:

1. Membuat manusia malas. Semua pekerjaan sudah dapat dikerjakan dengan mesin sehingga manusia cenderung menjadi pemalas.
2. Manusia menjadi lebih individualis. Manusia lebih memilih untuk memainkan gadget saat berkumpul dengan teman ataupun keluarga mereka.
3.  Lebih sering terjadi penipuan serta kekerasan yang bersumber dari adanya gadget.
Mendownload lagu dengan tanpa izin yang dapat mengakibatkan Perampasan hak cipta (pembajakan).

Dari beberapa dampak positif dan negatif dari perkembangan Informasi Teknologi serta Komunikasi kiat juga harus mengetahui bagaimana cara kita menyikapi perkembangan era Informasi Teknologi dan Komunikasi. Berikut adalah cara kita untuk menyikapi perkembangan dunia teknologi:
1. Menggunakan alat informasi dengan positif. Artinya tidak menggunakan sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti menipu atau perbuatan lainnya yang dilarang oleh undang-undang.
Jangan bergantung terhadap gadget. Banyak sekali teknologi dan komunikasi yang dapat memanjakan penggunaannya sehingga kita jangan sampai tergantung pada satu barang tersebut sehingga mengurangi produktivitas kita.
2.  Memberi batasan dan penjagaan. Untuk orang tua berilah batasan kepada anak sehingga anak tidak salah dalam menggunakan teknologi. Jaga dan amati ketika anak sedang memainkan gadget mereka.
Itulah beberapa cara untuk menyikapi era perkembangan Teknologi informasi dan Komunikasi secara bijak dan cerdas. Pintar-pintarlah mengatur diri dalam menggunakan teknologi sehingga kita tidak akan terlena dengan kecanggihan teknologi. Memanfaatkan teknologi dengan baik sesuai dengan kebutuhan kita dan tanpa kita mengurangi pergaulan dengan lingkungan sekitar secara langsung akan lebih baik.

Referensi : 
http://aladintips.com/tips-dan-trik/cara-menyikapi-perkembangan-teknologi-dengan-bijak

Komentar

Postingan Populer