Keindahan di ujung barat Pulau Jawa

Keindahan alam Banten


Masjid Agung Banten

1. Masjid Agung Banten 
    
Sudah berdiri sejak tahun 1569 yang lalu. Masjid Agung Banteng yang memiliki arsitektur bangunan yang masih kental dengan ciri khas pada zaman dahulu. Masjid ini memiliki beberapa perpaduan yang sangat etnik. Budaya Hindu, China, Jawa dan Eropa sekaligus jadi satu dipadukan dalam Masjid Agung yang berlokasi di Jl. Banten Lama, Kasemen Serang ini.Tak hanya Masjid biasa, tempat ini juga sering dijadikan tempat berwisata oleh para pengunjung karaena keindahan dan kemegahan dari Masjid yang menjadi ciri khas umat Islam di Banten.  
                                                                                                                                                     2. Pantai Anyer

Pantai yang merupakan salah satu paling terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan ini terletak di Serang, Banten. Tak hanya Pantai Anyer, di Banten juga memiliki sederetan pantai lain yang indah dan sangat pas untuk kamu kunjungi ketika akhir pekan bersama teman maupun keluarga tercinta.Jika ingin menginap di sekitaran Pantai Anyer, tak perlu khawatir karena kamu akan dengan sangat mudah menemukan beberapa penginapan murah dengan fasilitas memadai.
Related image
Pantai Pasir Putih Sirih
                                                                                                                                                               
 3. Wisata Kampung Baduy
  
Suku asli Banten yang telah bertahun-tahun menetap di sini adalah suku baduy. Keunikan dari Perkampungan Suku Baduy adalah kita akan disuguhi pemandangan betapa murninya budaya suku tersebut serta adat istiadatnya. Di sini kita tak hanya bersenang-senang saja, melainkan juga dapat mempelajari dan mengenal lebih jauh adat istiadat suku baduy. Lingkungan yang asri menjadi fokus utama wisatawan dalam berkunjung ke tempat ini.
Alamat : Kabupaten Pandeglang, Banten.
Image result for kampung baduy
Kampung Baduy

Kuliner Khas asal Banten 

1    1. Rabeg Banten

Rabeg merupakan salah satu ikon kuliner Serang, Banten. Makanan ini terbuat dari daging serta jeroan kambing yang diolah dengan aneka macam bumbu rempah. Kuliner lezat ini memiliki citarasa yang gurih dan manis. Aromanya yang segar berasal dari daun jeruk dan serai. Ditambah beberapa rempah yang membuat rasanya kian kuat seperti pala, kayu manis, serta cengkeh. Melengkapi mantapnya rasa kuliner Banten tersebut.

2    2. Nasi Sumsum

Anda ingin mencicipi nasi bakar dengan sumsum tulang yang gurih? Datanglah ke Banten, tepatnya di Kota Serang karena kuliner ini tak akan dapat anda temukan di kota lainnya. Nasi panas disiram sumsum tulang kerbau. Mantap! Terlebih bumbu-bumbunya ditumbuk, bukan menggunakan blender, semakin memperkuat rasanya. Menu kuliner ini akan lebih lengkap jika dimakan berteman sate lidah kerbau atau otak-otak.

3    3. Nasi Belut

Belut banyak dibudidayakan oleh warga Serang, Banten. Jadi ada beraneka macam masakan Serang yang memakai bahan dasar belut. Satu diantaranya adalah nasi belut. Cara mengolahnya dengan dikeprek, sehingga tulang belut jadi lebih empuk. Belut ini kemudian dibumbui dengan bumbu rempah khas Serang yang selanjutnya digoreng sampai kering. Rasanya krispi dan gurih.

4    4. Nasi Uduk Serang

Nasi uduk dapat kita jumpai di seluruh wilayah nusantara. Akan tetapi nasi uduk dari Serang sedikit berbeda. Yang membuatnya beda adalah penggunaan bumbu rempah khas Kota Serang. Nasi uduk di sini biasa dimakan dengan tambahan lauk bakwan, sayur tempe, tempe goreng, sampai dengan sambal telur yang pedas.

5    5. Sate Bandeng Serang

Madura terkenal dengan sate berbumbu kuah kacang manis gurih. Akan tetapi bukan hanya Madura saja yang punya sate khas, lho. Daerah Serang, Banten, juga memiliki kuliner sate yang khas bernama sate bandeng. Makanan ini tidak terbuat dari daging ayam atau sapi, melainkan daging ikan bandeng yang sudah tak berduri. Salah satu yang unik dengan makanan khas yang satu ini adalah cara penyajiannya yang tak menggunakan sambal kacang atau kecap yang biasa disiram di atasnya. Hal ini disebabkan oleh bumbu serta rempahnya sudah sekaligus dicampur ke daging bandeng, jadi tak perlu siraman sambal lagi.


Referensi : 

tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/banten/tempat-wisata-di-banten

Komentar

Postingan Populer